Kamis, 06 September 2012

Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Hadits


Beberapa istilah yang perlu kita ketahui dan pahami berkaitan dengan Hadits  yang dikemukakan oleh para ahli Hadits, antara lain :
  1. Hadits adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw baik berupa perkataan, perbuatan, pengakuan atau sikap (Taqrir) maupun sifat beliau.
  2. Khabar adalah pendapat shahih yang hampir searti dengan Hadits, tetapi ada pula yang mengatakan berbeda. Hadits itu berasal dari Rasulullah saw sedang Khabar datangnya dari selain Rasulullah saw.
  3. Sunah merupakan konvensi sebagian ulama Hadits. Namun pendapat lain mengatakan bahwa Hadits dikhususkan dengan perkataan dan perbuatan Rasulullah saw sedang Sunah lebih umum, meliputi perkataan, perbuatan , pengakuan atau sifat Rasulullah saw sendiri.
  4. Asar menurut pendapat yang kuat semakna dengan Hadits, pendapat yang lain mengatakan, Asar adalah Hadits Mauquf (Hadits yang datangnya dari sahabat).
  5. Matan adalah bunyi suatu Hadits/materi berita yang disampaikan oleh Sanad (penyampai Matan) yang terakhir.
  6. Sanad adalah jalan yang menyampaikan atau menghubungkan Matan Hadits kepada Rasulullah saw.
  7. Isnad adalah seorang yang menjelaskan suatu Hadits sampai kepada orang yang menjadi sandaran Hadits itu,  atau Isnad itu searti dengan Sanad.
  8. Musnid adalah orang yang meriwayatkan Hadits dengan menyebut namanya.
  9. Musnad adalah nama kitab yang menghimpun seluruh Hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat. Dapat pula diartikan Sanad dan nama salah satu macam Hadits.
  10. Muhaddits adalah orang yang menghafal banyak Hadits (sedikitnya 1.000 Hadits) dan mengetahui benar-benar sejarah perowinya.
  11. Hafiz adalah orang yang hafal 100.000 Hadits dengan Sanad-nya.
  12. Hujjah adalah orang yang menghafal 300.000 Hadits dengan Sanad-nya.
  13. Hakim adalah orang yang menghafal lebih dari 300.000 Hadits dan menguasai seluruh Hadits yang diriwayatkan, sejarahnya beserta Sanad-nya. 

 Bisa juga dilihat di catatan www.facebook.com/mia-susmia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar