Selasa, 04 September 2012

HADITS TENTANG MENUNTUT ILMU


Ilmu yang tidak ada habisnya adalah ilmu Allah, karena ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Manusia diperintahkan terus-menerus untuk menambah ilmunya. Seluruh potensi yang ada seperti mata, telinga, akal dan qalbu hendaknya diarahkan untuk meraih ilmu yang bermanfaat yang dapat mengantarkan kepada iman dan taqwa kepada Allah.
Allah SWT akan meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu dengan beberapa derajat. Itulah makna yang dapat kita tangkap dari Surat Ar Rad ayat 11. Di sisi lain mencari ilmu bagi umat Islam hukumnya wajib.
Peranan ilmu dalam Islam sangatlah penting karena ilmu merupakan jembatan menuju sukses. Dengan ilmu, maka kebahagiaan hidup dunia dan di akhirat akan dapat tercapai.
“Diriwayatkan pula dari Abu Darda’ ra, dia berkata : ‘Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa yang melakukan perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkannya jalan ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya bagi pencari ilmu karena senang dengan apa yang diperbuatnya. Dan sesungguhnya seorang yang berilmu akan dimintakan ampunan oleh seluruh makhluk yang ada di langit dan di bumi, termasuk ikan dalam air. Dan keutamaan seorang yang berilmu dibandingkan dengan seorang yang yang ahli ibadah seperti keutamaan bulan atas bintang-bintang. Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Dan sesungguhnya para nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham (harta) tetapi mereka hanya mewariskan ilmu, maka barangsiapa memeganginya maka ia memperoleh bagian yang sempurna’.” (H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi)
“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang Islam.” (H.R. Thabrani)
“Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Rasulullah saw bersabda : ‘Barangsiapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan kepadanya jalan ke surga’.” (H.R. Muslim)

Semoga bermanfaat….:)

2 komentar: